Login

Administrator

Dian

Total Pengguna

28 terdaftar
0 hari ini
0 kemarin
0 minggu ini
0 bulan ini

Total Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini34
mod_vvisit_counterKemarin88
mod_vvisit_counterMinggu Ini219
mod_vvisit_counterBulan ini3508
mod_vvisit_counterKeseluruhan80814
PROLEGDA KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2014

Ditulis oleh Administrator, pada 12-03-2014 11:27

Dilihat : 175

Favorit : 21

Dipublikasikan di : Informasi Peraturan, Prolegda


Berdasarkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 23 Tahun 2013 tentang Program Legislasi Daerah Kabupaten Nganjuk Tahun 2014, bahwa Prolegda Kabupaten Nganjuk Tahun 2014 sebanyak 21 buah raperda yang berasal dari usulan Pemerintah Daerah dan inisiatif DPRD dengan susunan sebagai berikut:
 


Terakhir diedit: 12-03-2014 11:27

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
UJI PUBLIK RAPERDA IRIGASI

Ditulis oleh Dian Khifyani, pada 03-02-2014 09:31

Dilihat : 245

Favorit : 22

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah


Peran sektor pertanian sangat strategis dalam perekonomian nasional dan kegiatan pertanian tidak terlepas dari air. Oleh sebab itu irigasi sebagai salah satu komponen pendukung keberhasilan pembangunan pertanian mempunyai pertanian yang sangat penting. Adanya perubahan tujuan pembangunan pertanian dari meningkatkan produksi untuk swasembada beras menjadi melestarikan ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan kesempatan kerja dari pelaksanaan dan perbaikan gizi keluarga, serta sejalan dengan semangat demokrasi, desentralisasi dan kebutuhan dalam tataran kehidupan bermasyarakat perlu menetapkan kebijakan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi. Sehubungan dengan hal tersebut bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 9 Tahun 2003 tentang Irigasi sudah tidak sesuai lagi dengan peraturan perundang-undangan dan kebutuhan masyarakat, sehingga perlu disesuaikan.

 

Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengajukan usulan Rapera tentang Irigasi yang sistematikanya sebagai berikut:

BAB I               Ketentuan Umum

BAB II              Maksud dan Tujuan

BAB III             Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi

BAB IV            Kelembagaan Pengelola Irigasi

BAB V             Wewenang dan Tanggung Jawab

BAB VI            Partisipasi Masyarakat Petani

BAB VII           Pemberdayaan

BAB VIII          Pengelolaan Air Irigasi

BAB IX            Pengembangan Jaringan Irigasi

BAB X             Pengelolaan Jaringan Irigasi

BAB XI            Pengelolaan Aset Irigasi

BAB XII           Pembiayaan

BAB XIII          Alih Fungsi Lahan Beririgasi

BAB XIV          Koordinasi Pengelolaan Sistem Irigasi

BAB XV           Pengawasan

BAB XVI          Kode Etik Pelayanan Pengairan

BAB XVII         Larangan-Larangan

BAB XVIII        Penyelesaian Sengketa

BAB XIX          Sanksi Administrasi

BAB XX           Ketentuan Penyidikan

BAB XXI          Ketentuan Pidana

BAB XXII         Ketentuan Peralihan

BAB XXIII        Penutup

 

Pada tanggal 26 Juni 2013 Raperda tentang Irigasi disertai Naskah Akademisnya telah dilakukan uji publik dengan menghadirkan SKPD terkait dan masyarakat yang diwakili oleh beberapa LSM yang mana beberapa saran dan masukan telah ditampung untuk kesempurnaan raperda dimaksud.

 

Diharapkan pada tingkat pembahasan bersama DPRD sampai dengan pengundangan dapat memberikan payung hukum tentang pengelolaan irigasi di Kabupaten Nganjuk. Sehingga kepastian hukum yang diharapkan dapat tercapai.

 

Kasubbag Perundang-undangan

NANANG SUGIARTO, SH

 



Terakhir diedit: 06-02-2014 09:48

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
KEGIATAN EVAUASI RANCANGAN PERATURAN DESA TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA KABUPATEN NGANJUK TAHUN ANGGARAN 2013

Ditulis oleh Dian Khifyani, pada 03-02-2014 08:46

Dilihat : 259

Favorit : 25

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah

Kegiatan evaluasi rancangan peraturan desa sebagai tindak lanjut dari Keputusan Bupati Nganjuk Nomor 188/274/K/411.013/2013 tentang Pembentukan Tim Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa Kabupaten Nganjuk Tahun Anggaran 2013.

 

Tahapan-tahapan kegiatan:

  1. Pada tanggal 03 Juni 2013 dilaksanakan rapat persiapan pelaksanaan kegiatan evaluasi raperdes tentang APBDesa TA 2013
  2. Pada tanggal 24 Juni s.d. 05 Juli 2013 telah dilaksanakan kegiatan evaluasi raperdes tentang APBDesa TA 2013
 
Hasil Pelaksanaan Kegiatan:
  1. Jumlah raperdes tentang APBDesa TA 2013 yang telah dievaluasi adalah 263 desa
  2. Jumlah peraturan desa tentang APBDesa TA 2013 yang telah diundangkan adalah 262 desa

 

Adapun desa yang belum dievaluasi telah ditindaklanjuti oleh Tim Evaluasi Raperdes dengan melakukan turba ke desa yang bersangkutan untuk langsung dilakukan pembinaan secara intensif tentang penyusunan raperdes.

 

 

Kasubbag Pembinaan Produk Hukum Desa

HARIJANI, SH

Terakhir diedit: 06-02-2014 09:49

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
PEMBINAAN PENYUSUNAN PRODUK HUKUM DESA KABUPATEN NGANJUK TAHUN ANGGARAN 2013

Ditulis oleh Dian Khifyani, pada 03-02-2014 09:24

Dilihat : 220

Favorit : 26

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah


Dalam upaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) utamanya pada perangkat desa, pelaksanaan pembangunan memiliki peranan yang sangat menentukan yang mana pembangunan itu sendiri sangat tergantung pada kesiapan SDM dalam memahami suatu peraturan dan pelaksanaannya di lapangan. Hal ini seiring dengan kemajuan kehidupan masyarakat yang dinamis dan semakin kompleksnya permasalahan yang muncul sehingga menuntut adanya peningkatan kemampuan aparatur pemerintah termasuk di dalamnya adalah aparatur pemerintah desa.

 

Kegiatan dimaksud sebagai tindak lanjut ketentuan Pasal 18 huruf g dan huruf j Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 06 Tahun 2006 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, dimana pemerintah kabupaten berkewajiban melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintah desa, maka sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Bagian Hukum Setda Kabupaten Nganjuk telah menyelenggarakan kegiatan pembinaan produk hukum desa Kabupaten Nganjuk Tahun Anggaran 2013.

 

Tujuan dari kegiatan dimaksud memberikan bekal kepada sekretaris desa se Kabupaten Nganjuk dan kasi pemerintahan kecamatan agar pengetahuan dan wawasannya bertambah sehingga dapat terwujud pemerintahan desa yang semakin baik dengan didukung dalam penyusunan produk hukum desa. Penyelenggaraan Pembinaan Penyusunan Produk Hukum Desa Kabupaten Nganjuk Tahun Anggaran 2013 dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d. 26 September 2013.

 

Materi yang diberikan:

1.    Pemerintahan Daerah

2.    Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

3.    Pengelolaan Keuangan Desa

4.    Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

5.  Penyusunan Produk Hukum Desa

 

Kasubbag Pembinaan Produk Hukum Desa

HARIJANI, SH


Terakhir diedit: 06-02-2014 09:49

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
SOSIALISASI RAPERDA TENTANG IZIN USAHA JASA KONSTRUKSI

Ditulis oleh Dian Khifyani, pada 03-02-2014 08:31

Dilihat : 258

Favorit : 29

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah

Dalam menyikapi dinamika hukum terkait dengan kegiatan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), dan sehubungan dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang mengamanatkan bahwa pelayanan pemberian IUJK tidak masuk ke dalam layanan retribusi. Di sisi lain penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi oleh Pemerintah Pusat sampai ke tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota telah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Pembinaan Jasa Konstruksi. Hal ini dipertegas dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Salah satu amanat dalam peraturan pemerintah tersebut adalah bahwa dalam rangka pembinaan oleh pemerintah kabupaten/kota dilakukan melalui penerbitan IUJK. Demikian pula dengan terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 04 Tahun 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian IUJK Nasional yang menggantikan Kepmen Kimpraswil Nomor 369 Tahun 2001.

Terbitnya peraturan ini untuk menyikapi beberapa hal, antara lain:

  1. Terbitnya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang memiliki implikasi dimana seluruh pemerintah kabupaten/kota tidak lagi diperkenankan memungut retribusi dalam penerbitan IUJK;
  2. Masih adanya pemahaman bagi Badan Usaha yang ingin melakukan usaha di suatu kabupaten/kota harus mendapatkan IUJK dari kabupaten/kota tersebut. Hal ini perlu diluruskan bahwa dalam Permen PU Nomor 04 Tahun 2011 disebutkan bahwa IUJK dapat digunakan di seluruh wilayah Republik Indonesia, tidak hanya di kabupaten/kota dimana IUJK diterbitkan;
  3. Adanya peraturan baru pemberian izin dengan menggunakan mekanisme Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dimaksudkan proses pemberiannya tetap harus mendapatkan rekomendasi dari unit kerja/instansi yang membidangi IUJK;
  4. Dalam Pasal 11 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2000, penanggung jawab teknik diwajibkan memiliki kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk SKA/SKT dan dilarang merangkap sebagai tenaga tetap pada usaha orang perseorangan atau badan usaha lainnya di bidang jasa konstruksi yang sama;
  5. Terbitnya Undang-Undang Jasa Konstruksi Tahun 1999 pelayanan perizinan hanya diperuntukkan bagi badan usaha padahal dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi telah diatur bahwa bentuk jasa usaha konstruksi tidak hanya dibentuk badan usaha tapi juga dapat dalam bentuk usaha orang perseorangan, melalui Permen ini usaha orang perseorangan perlu mendapatkan TDP.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah menyusun Raperda tentang IUJK dan disosialisasikan pada bulan Oktober 2013. Sebagai pemrakarsa Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Soekojono, MT yang didampingi Kasubbag Perundang-undangan Bagian Hukum Nanang Sugiarto, SH di hadapan SKPD terkait, komunitas jasa konstruksi kurang lebih sejumlah 100 orang.

 

Kasubbag Perundang-undangan

NANANG SUGIARTO, SH

 

Terakhir diedit: 03-02-2014 08:31

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
BAGIAN HUKUM SEBAGAI PESERTA RAPAT KOORDINASI JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM TAHUN 2013

Ditulis oleh Administrator, pada 19-06-2013 12:20

Dilihat : 452

Favorit : 41

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah

 

Berdasarkan Perpres Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional diharapkan setiap SKPD terutama Bagian Hukum pada Setda Kabupaten/Kota dapat meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan produk hukum daerah. Berangkat dari pemikiran ini Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan Rapat Koordinasi JDIH yang diselenggarakan pada tanggal 4 s.d. 5 Juni 2013 bertempat di Royal Orchid Garden Hotel Kota Batu, yang mana salah satu pesertanya adalah Bagian Hukum Setda Kabupaten Nganjuk yang dihadiri oleh:

1.    Kasubbag Perundang-undangan (NANANG SUGIARTO, SH)

2.    Staf Pengelola Dokumentasi Hukum (DIAN KHIFYANI KN, S.STP)

 

Di antara kegiatan Rakor JDIH sebagaimana dimaksud, salah satunya adalah evaluasi pelaksanaan pengelolaan Web JDIH Kabupaten/Kota yang mana dari hasil evaluasi tersebut JDIH Kabupaten Nganjuk memperoleh peringkat 10 dalam kategori banyaknya jumlah pengunjung. Hal ini menunjukkan tingkat kebutuhan terhadap informasi hukum, yang mana selaras dengan visi dan misi Bagian Hukum sebagai berikut:

 

VISI:

Terwujudnya Peraturan Daerah, Bantuan Hukum dan Informasi Hukum yang Baik, Harmonis dan Responsif

MISI:

1.    Merancang dan membentuk peraturan daerah sesuai dengan prioritas

2.    Melakukan pelayanan dan bantuan hukum

3.    Melaksanakan penyebarluasan informasi hukum

4.    Menyelenggarakan administrasi sesuai dengan prinsip pemerintahan yang baik

 

Pada kegiatan dimaksud diperkenalkan program baru Engine CMS Web JDIH untuk penampilan web JDIH yang lebih baik. Sukses selalu untuk JDIH Provinsi dan Kabupaten/Kota Jawa Timur. 

 

Kasubbag Perundang-undangan

NANANG SUGIARTO, SH

Наш брат ирландец не из таких; если хоть разок взглянул на ваше красивое лицо, не забудет до гробовой доски.

Шимп Твист, который сидел, упершись локтями в колени и поддерживая ладонями подбородок, резко выпрямился и затрясся, как бланманже.

Так вот, несколько запоздалых мыслей, Ано.

Билл все так же хлопал глазами.

Они "5000 примеров по рус. яз. 4кл Контрольное списывание" поссорились, он в нее выстрелил, а цветы упали на вашу могилу.

Я не посвящен в помыслы Богов, ответил Дилвиш, и не могу об этом судить.

Terakhir diedit: 25-10-2013 05:38

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
STUDI BANDING DALAM RANGKA PENYUSUNAN RAPERDA TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Ditulis oleh Administrator, pada 27-05-2013 09:39

Dilihat : 431

Favorit : 42

Dipublikasikan di : Berita, Berita Daerah

 

 

 

Dalam upaya meningkatkan kebiasaan hidup bersih utamanya tentang pengelolaan sampah kecenderungan dengan perubahan pola konsumsi masyarakat sehingga berdampak semakin meningkatnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang selama ini belum memenuhi kaidah pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah menyusun Raperda tentang Pengelolaan Sampah sebagai landasan hukum bagi penyelenggaraan pemerintahan di daerah yang berbasis kerakyatan. Maksud dan tujuan disusunnya Raperda tentang Pengelolaan Sampah:

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas lingkungan di daerah
  • Memanfaatkan sampah sebagai sumber daya
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah di daerah.

Dalam hal ini Bagian Hukum memfasilitasi atas usulan SKPD pemrakarsa yaitu Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Daerah Kabupaten Nganjuk untuk menyusun Raperda tentang Pengelolaan Sampah telah memperoleh pengalaman dengan melakukan studi banding ke Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Magetan yang telah terlebih dahulu membentuk Perda tentang Pengelolaan Sampah baik yang berasal dari inisiatif DPRD maupun usulan eksekutif.

Diharapkan di Kabupaten Nganjuk dengan terbentuknya Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Sampa, apa yang menjadi maksud dan tujuan sebagaimana tersebut di atas dapat mewujudkan kebersihan kita maupun hidup bersih bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk akan kesadaran patuh dan tertib hukum.

 

Kasubbag Perundang-undangan

NANANG SUGIARTO, SH 

Первым подобный пример подал Юлий Цезарь.

Я встану в коридоре и буду нести дозор.

Внезапно распахнулась дверь, "Ловкие пальчики. Кнопка" и толпа расступилась, пропуская невысокого человечка с печальными глазами, который уверенным шагом направился к Римо.

Геологическая разведка не ведется.

Очевидно, его конвоиры сочли, что он слишком медлит, и Бронзини бесцеремонно вытащили наружу.

Изломанные очертания ног и рук, кровавая геометрия лица, казалось, пародировали фотографии, представляющие травмы, которыми были завешены "Гаданий и сонник Марии Ленорман. Полный курс в 5 уроках" стены его квартиры.

Зернов же, создавая с Томпсоном социологическую историю Города, мучительно обдумывал все предложенное ему для размышления и обработки.

Мне и без того плохо, так что нечего расковыривать мои раны "Гренадилловая шкатулка" обоюдоострым мечом.

Судя по всему, в ваших краях он не исключение Насколько мне известно, во время войны под Дульском практически не было боев.

Минут через сорок пять или около того, ответил оператор.

Как часто по ночам он лежал без сна и прислушивался к этому биению, твердо зная, что, пока это сердце бьется, будущее Синанджу в надежных руках.

В ушах до сих пор стоял шорох покрышек, когда они скользили вдоль "скачать карен дуве книга не о любви" бетонной бровки, взметая вихрь пыли и сигаретных пачек.

Terakhir diedit: 24-10-2013 17:21

Pendapat pengguna Quote artikel di website Favorit Cetak Email Artikel berhubungan Selanjutnya
 
« MulaiSebelumnya123BerikutnyaAkhir »

Halaman 1 dari 3